MELATIH KONSENTRASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN METODE PLAY TERAPI DI SDN BEDALI 5 KECAMATAN LAWANG KABUPATEN LAWANG

Nurmayunita, Heny (2018) MELATIH KONSENTRASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN METODE PLAY TERAPI DI SDN BEDALI 5 KECAMATAN LAWANG KABUPATEN LAWANG. Technical Report. Poltekkes RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan pokok sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan bagi siswa. Guru atau pendidik selaku pengganti orang tua siswa, bertanggungjawab terhadap kebutuhan anak didiknya di sekolah, sekaligus sebagai penjamin keselamatan peserta didik ketika berada di sekolah. (Soetjiningsih, 2008). Melihat pentingnya kegiatan belajar bagi anak, maka kegiatan belajar tersebut harus mendapat jaminan kepuasan dan keselamatan dalam pelaksanaannya. Di sekolah inklusi yang memberikan kesempatan bagi semua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)untuk belajar bersama teman sebayanya yang normal atau Anak Tanpa Kebutuhan Khusus (ATBK) dan mengembangkan potensi yang dimilikinya semaksimal mungkin dengan bimbingan khusus. Dengan keanekaragaman tersebut, resiko terjdi kesulitan mengelola kelas dalam melakukan proses belajar mengajar akan terjadi, siswa akan kesulitan dalam berkonsentrasi dalam belajar dibandingkan dengan sekolah yang hanya menangani siswa regular atau tanpa berkebutuhan khusus. Hasil survei di Sekolah Dasar Negeri Bedali 05 Lawang termasuk sekolah yang menerapkan program sekolah berbasis inklusi. Dalam pelaksanaan pembelajaran, sekolah harus menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan ATBK dan ABK melalui adaptasi kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan sarana prasarananya, tetapi guru masih merasa kesulitan untuk melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan keaneka ragaman siswa terutama terkait dengan konsentrasi belajar siswa. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkonsentrasi. Belajar sambil bermain merupakan cara yang paling efektif dilakukan untuk mendorong konsentrasi anak-anak berkebutuhan khusus di SDN Bedali kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Dengan adanya permainan temple gambar pada pola diharapkan anak-anak mampu melatih konsentrasi sesuai dengan arah yang diminta. Target luaran yang akan dicapai berupa jasa dan produk. Jasa yang dimaksud adalah pemberian pelatihan serta pendampingantentang melatih konsentrasi dengan play therapy. Sedangkan Produk yang akan dihasilkan melalui kegiatan ini berupa modul sebagai sarana belajar mandiri bagi guru dan siswa untuk lebih menguasai tentang metode bermain dengan konsentrasi, protap fasilitas/ sarana pendidikan dan peralatan pendukung terkait dengan terapi bermain pada anak. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan bagi mitra. Melalui metode tersebut, tim pengabdian berharap akan mampu mencapai target dengan maksimal, dengan harapan kegiatan ini dapat menginspirasi dan menjadi contoh bagi masyarakat di daerah lain yang sama sama berpotensi untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa di sekolah melalui Play Therapy .

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus; Play Terapi
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:27
Last Modified: 24 Aug 2023 07:10
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item